Senin, 28 Oktober 2019

Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pada Velcro Gym Jambi


Abstraksi: Velcro Gym Jambi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa tempat penyewaan alat-alat gym. Pada saat ini penyimpanan data member pada Velcro Gym Jambi masih menggunakan kertas sehingga penyimpanan data member tidak efisien, proses keterlambatan informasi administrasi member tiap bulan mengingatkan member untuk memperpanjang masa aktifnya, tidak adanya media informasi penjualan suplemen dan alat-alat fitness, pimpinan dalam melihat laporan data member maupun laporan transaksi masih manual. Serta absensi pengunjung untuk media monitoring tidak ada. Tujuan yang ingin dicapai yaitu mengusulkan suatu sistem informasi yang dapat membantu penyedia layanan jasa dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Dalam penerapan sistem, menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem. Penelitian ini untuk membantu pendataan proses administrasi yang dapat menjangkau seluruh keanggotaan pelanggan dan membantu mengevaluasi dalam hal pelayanan kinerja untuk kenyamanan pelanggan. sistem ini dapat mempermudah perusahaan mempromosikan produk dan jasa dalam mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil dari sistem ini berupa sistem informasi fitness berbasis web dan sms gateway. Sehingga, Velcro Gym dapat membantu dalam mengelola data pelanggan dan data fasilitas fitness.

Pendahuluan


1.1.    Latar Belakang

Di era globalisasi sekarang ini, segala sesuatu yang menyangkut informasi tidak dapat lepas dari teknologi. Teknologi ini dapat dilihat dari perkembangan komputer yang sangat pesat, sebab sekarang ini komputer merupakan media Information Technology (IT) yang paling dominan. Dari bidang pelayanan jasa dari tingkat menengah maupun tingkat atas telah menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan usahanya. Salah satu jenis penyedia layanan jasa yang tingkat persaingannya paling ketat adalah penyedia layanan fitness. Fitness merupakan salah satu kebutuhan dalam hidup manusia. Seiring berkembangnya dunia kesehatan jasmani khususnya di jalur olahraga, membuka penyewaan tempat fitness dapat memberikan prospek usaha yang cukup baik. Memang banyak orang yang enggan untuk menjajaki bisnis ini karena butuh modal yang lumayan besar hanya untuk membeli peralatan fitness. Namun sebenanrnya bisnis ini banyak dicari oleh calon pelanggan karena banyak orang yang memiliki keterbatasan tempat dan uang untuk menyalurkan hobi mereka untuk berolahraga maupun untuk menjaga kesehatan jasmaninya. Velcro Gym Jambi adalah usaha yang bergerak di bidang jasa penyewaan tempat fitness. Jumlah member yang sudah terdaftar sampai sekarang sangatlah banyak. Jumlah member ini menyebabkan proses kerja di Velcro Gym ini mengalami kendala dan kurang optimal dalam mengelola data member yang bertambah setiap bulannya.

1.2.   Rumusan Masalah

1.       Informasi keterlambatan administrasi member tiap bulan pada jatuh temponya masih secara manual.
2.       Tidak adanya informasi bagi member yaitu penjualan suplemen berprotein untuk pembelian bagi member padahal suplemen berprotein telah disediakan langsung oleh penyedia jasa yang telah update setiap bulannya.
3.       Pimpinan masih manual dalam melihat laporan data member maupun laporan transaksi, yaitu dengan memeriksa kembali semua buku-buku catatan.

1.3.   Batasan Masalah

1.       Sistem yang dibangun merupakan sistem yang berbasis web.
2.       Sistem yang dibuat mencakup pada pendaftaran (penambahan) member, transaksi produk, absensi pengunjung, pengelolaan jadwal instruktur, pengelolaan sistem berbasis sms gateway, dan pengelolaan website yang dijadikan sebagai penarik minat pengunjung dengan fasilitas dan fitu-fitur yang disediakan.
3.       Pada sistem ini terdapat tiga pengguna sistem yaitu pemilik jasa penyewaan fitness sebagai admin, operator, dan member dimana masing-masing pengguna bisa menggunakan sistem sesuai hak akses yang diberikan.
4.       Sistem dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dengan gaya pemrograman menggunakan pendekatan Object Oriented Programming (OOP), database MySQL (PHPMyadmin) sebagai wadah sentralisasi data, serta Javascript Query (Jquery), Twitter Bootstrap dan Hypertext Markup Languange (HTML) sebagai platform Front-End dan Back-End.
5.       Sistem dapat menampilkan pendaftaran member baru, transaksi masuk maupun transaksi keluar, absensi pengunjung serta penjadwalan instruktur, pengelolaan sms gateway, dan pengelolaan website sebagai media promosi dan penjualan produk.

1.4.   Tujuan Penelitian

Membuat perancangan sistem informasi pada Velcro Gym Jambi agar lebih mudah dalam pengecekan serta mengurangi SDM yang dipakai untuk melakukan pendaftaran serta penjualan.

1.5.   Manfaat Penelitian

Sistem informasi fitness yang dibangun ini dapat mempermudah perusahaan mempromosikan produk jasa untuk mendapatkan pelanggan baru, serta sistem informasi fitness yang dibangun ini dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan pendaftaran sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan adanya sistem informasi fitness ini dapat membantu Velcro Gym dalam mengelola data pelanggan dan data fasilitas fitness.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar